Langkah-Langkah Membuka Toko Di Tokopedia

Jun 12,2021
Tokopedia merupakan salah satu marketplace online lokal yang sangat populer di Indonesia. Baik menjadi pembeli maupun penjual di Tokopedia sama untungnya. Bagi pembeli, belanja di marketplace ini akan lebih aman karena ada fitur escrow atau rekening bersama. Sementara, bagi penjual akan sangat terbantu karena Tokopedia memiliki fitur sangat lengkap mulai dari inventori hingga ke promosi. Berjualan online di Tokopedia menjadi salah satu peluang bisnis yang masih prospektif.

Dengan berjualan di marketplace ini, kamu bisa menjangkau pelanggan seluas-luasnya. Selain itu, berjualan di Tokopedia juga tidak perlu bayar alias gratis (meski memang akan dikenakan biaya jika kamu ingin upgrade ke gold member). Fitur dasar yang ditawarkannya juga akan mempermudah kamu dalam mengorganisir barang, menjadwalkan pengiriman, hingga mempromosikan produk. Untuk berjualan di Tokopedia juga caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mendaftarkan akun Tokopedia dan membuka toko. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah membuka toko di Tokopedia dibawah ini :

1. Membuat Akun Tokopedia Hal pertama yang dibutuhkan sebagai persiapan berjualan di Tokopedia adalah harus memiliki akun Tokopedia terlebih dahulu. Untuk membuat akun Tokopedia, kamu harus siapkan email dan nomor ponsel yang masih aktif. Jika sudah, silahkan buka situs tokopedia.com lalu klik tombol daftar. Kemudian isi formulir isian mulai dari nama, nomor ponsel, email, dan lainnya. Pastikan kamu mengisi data dengan benar, lalu klik tombol Register Account. Selain itu, cara daftar tokopedia sebagai penjual lainnya adalah dengan menggunakan akun Facebook, Google, atau Yahoo. Cukup klik salah satu tombol yang terletak disamping kiri layar.
2. Membuka Toko Di Tokopedia Setelah punya akun Tokopedia, sekarang saatnya kamu membuka toko untuk berjualan online. Setelah log ini, klik simbol toko disebelah kanan atas layar, lalu klik tombol Buka Toko yang berwarna hijau. Setelah halaman baru terbuka, buat nama toko dengan mengisikannya pada kolom Nama Toko. Pastikan menggunakan nama toko yang unik dan belum digunakan oleh orang lain. Caranya klik tombol Cek Nama Toko di sebelah kanan kotak isian hingga muncul tulisan Nama Toko yang kamu pilih tersedia berwarna hijau. Begitu juga dengan domain, pastikan membuat nama domain yang unik dan klik tombol Cek Domain. Nantinya, nama domain ini akan menjadi alamat web toko online kamu. Karena itu, buatlah sesederhana mungkin dan mudah diingat. Setelah itu, isi juga slogan toko kamu misalnya seperti “berkualitas dan murah”. Begitu juga dengan kotak deskripsi, isikan yang paling sesuai menurutmu. Kemudian, siapkan sebuah foto untuk logo toko kamu lalu unggah dengan menekan tombol Browse File. Pilih kotak Asal Pengiriman, lalu isi juga kode pos toko kamu. Untuk alamat pickup bisa diisi dengan alamat toko fisik kamu. Namun, jika kamu tidak memiliki toko fisik atau hanya jualan online saja, kotak ini boleh tidak diisi.
3. Pilih Dukungan Pengiriman Centang semua jasa pengiriman yang paling sesuai menurutmu. Lebih banyak pilihan jasa pengiriman tentunya akan lebih baik. Namun pastikan kamu memiliki akses ke lokasi cabang ekspedisi tersebut. Jika tidak, setidaknya pilih 3 jenis ekspedisi yang paling banyak dipakai yakni JNE, TIKI, dan Pos Indonesia. Sementara untuk wilayah kota besar tertentu juga tersedia pilihan kurir dengan ojek online Gojek.

Setelah kamu mengisi semua formulir, periksa kembali dan pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan sesuai. Jika sudah yakin dengan data yang dimasukkan, tinggal klik tombol Buka Toko yang berwarna hijau dibagian bawah formulir yang diisi tadi. Pada halaman selanjutnya akan tampil informasi bahwa kamu sudah berhasil membuka toko di Tokopedia. Sekarang kamu tinggal tambahkan produk dan siap untuk berjualan online.